Buat Pemula Yang Mau Belajar Makeup Self, Kalian Wajib Baca Ini !

   

Sumber : https://www.freepik.com/free-photo/make-up-artist-getting-model-ready-photoshootin_23440384.htm#fromView=search&page=1&position=1&uuid=c9464b51-8ee4-467d-86e6-9e7f12ce4032

     Oke kali ini aku akan bahas beberapa produk yang worth it and not wort it to buy, jadi kalian bisa lebih memastikan lagi kira-kira produk tersebut bakal ke pake atau enggak. Kadang kita beli produk kebanyakan meniru atau lihat temen yang pakai dan ternyata cocok di dia, padahal belum tentu di kulit kalian cocok juga.

    Belum lagi sliweran racun konten kreator dari berbagai platform yang selling point di tiga detik. Pertamanya aja udah bikin kalian nyut nyutan pengen langsung check out hehe. Masa iya produk udah beli mahal-mahal ternyata gak cocok di kalian terus di anggurin, rugi dong!

    Berikut sudah aku rangkum beberapa produk yang bisa dijadikan acuan :

1. Primer 

    Primer adalah produk yang wajib kamu punya kalau mau belajar makeup, sama halnya dengan menbangun rumah, tentu kita butuh pondasi yang kuat agar rumah tersebut aman dari guncangan. Begitu pula dengan makeup, jika kita memilih primer yang tepat untuk skin type kita maka hasilnya akan semakin rapi dan aman dari longsor akibat berlebih. 

    Primer juga punya beberapa jenis,ada yang untuk kulit kering dan berminyak. Jadi penting sekali untuk memastikan apa jenis skin type kalian ;

  • Normal
  • Dry Skin (Kulit kering)
  • Oily Skin ( Kulit berminyak)
  • Kombinasi

    Nah jika sudah tau jenis skin type kalian, pilih lah primer dengan kandungan yang cocok kemudian pastikan  juga SPF nya, kalau sebelum memakai primer kalian sudah pakai sunscreen maka boleh pakai yang SPF rendah, tapi jika kalian tidak pakai sunscreen cari primer yang punya kandungan SPF tinggi untuk melindungi kulit kalian dari paparan sinar UV.

2. Foundation

    Pasti kalian semua sudah tau foundation ini apa. Foundation adalah alas bedak yang digunakan pada tahap awal riasan wajah. Foundation berfungsi untuk meratakan warna kulit wajah agar tampilan makeup menjadi sempurna. Dengan menggunakan foundation sebagai alas bedak, dapat menyempurnakan tampilan kulit wajah kalian sehingga tampak mulus, cerah merata. 

    Foundation juga hadir dalam berbagai warna yang sesuai dengan tone kulit. Kalian perlu menyesuaikan warna foundation yang akan di gunakan dengan tone kulit agar warna foundation dapat menyatu sehingga tampilan wajah tidak terlihat belang. Selain itu, kalian juga perlu mengetahui cara memilih foundation yang benar agar tampilan riasan wajah menjadi sempurna.

3. Bedak Padat / Bedak Tabur

    Bedak padat atau compact powder adalah salah satu produk makeup yang telah menjadi andalan bagi banyak orang untuk menghasilkan tampilan wajah yang lebih rata dan matte.

    Bedak padat mengandung partikel-partikel halus yang membantu menyerap minyak berlebih di wajah, menyamarkan pori-pori, dan memberikan hasil akhir yang lebih halus dan tahan lama. Selain itu, compact powder juga dapat digunakan sebagai pengunci makeup agar makeup tetap awet sepanjang hari.

4. Blush On

    Blush on, juga dikenal sebagai perona pipi, adalah salah satu produk makeup yang telah menjadi bagian penting dari rutinitas kecantikan bagi banyak wanita. Dengan aplikasi yang tepat, blush on dapat memberikan sentuhan warna segar pada pipi dan memberikan tampilan yang lebih hidup dan cerah. Selain itu, blush on memiliki banyak manfaat lain yang membuatnya menjadi produk yang dicari dalam dunia kecantikan. 

5. Contour & Bronzer

    Meski memiliki warna dan bentuk yang hampir sama ternyata bronzer dan contour memiliki fungsi yang berbeda. Bronzer bisa kalian gunakan untuk menambahkan kesan hangat pada wajah. Bronzer digunakan untuk memberikan effect tan pada wajah seperti terkena paparan sinar matahari. Dengan menggunakan bronzer kulit wajah akan terlihat lebih eksotis uhui. Selain itu bronzer juga dapat digunakan untuk tone down warna foundation atau bedak yang keputihan.

    Sedangkan contour memilki fungsi untuk memberi dimensi dan menegaskan bayangan pada wajah. Contour berfungsi menutupi bagian pada wajah yang tidak ingin ditonjolkan. Warna gelap pada contour dapat memberikan ilusi wajah lebih tirus, hidung lebih mancung, dan dahi terlihat lebih sempit.

6. Highlighter

    Highlighter adalah produk penting yang bisa meng-upgrade tampilan wajah kalian jadi semakin maksimal. Produk ini berfungsi untuk mengoptimalkan bagian terbaik wajah, seperti tulang pipi, hidung, dagu, dan bagian-bagian lain yang ingin ditonjolkan.

7. EyeBrow / Pensil Alis

8. EyeLiner

9. EyeShadow

10. Mascara

11. Lipstik

12. Setting Spray

    Setting spray adalah cairan yang disemprotkan ke wajah dan dapat digunakan untuk membuat  hasil riasan semakin awet dan tahan lama, mencegah agar riasan tidak luntur dan crack. Kandungan dalam setting spray biasanya memang secara khusus dibuat agar hasil akhir riasan lebih tahan lama. Namun seiring perkembangan zaman setting spray memilik lebih dari satu fungsi contohnya bisa dijadikan primer atau base makeup.


    Nah untuk yang tidak terlalu penting dibeli adalah:

1. Color Corector

    Fungsinya untuk mengoreksi riasan pada wajah, namun jika kalian pemula yang tidak terlalu banyak spot gelap yang harus ditutupi sebaiknya color corector diskip saja.

2. Concealer

    Penting gak penting juga menurutku, apalagi sekarang mau itu foundi atau chusion bahakan tinted sekalipun udah pada high coverage jadi kalian bisa ganti concealar dengan foundi yang warna lebih cerah.

3. Cream Blush

    Teksturnya yang creamy dan sedikit susah di blend dan butuh usaha untuk nge-blend nya, so untuk kalian pemula menurut aku ini gak cocok.

4. Brow Wax / Browcara

    Balik lagi ke pemula, pencil aja udah cukup untuk melatih tangan biar gak tremor saat bingkai alis.

5. Eyeshadow Pallete

    Eyeshadow dengan banyak pilihan warna ini akan jadi mubazir kalo kalian hanya untuk makeup self, jadi pastikan untuk beli eyesahdow dengan warna netral saja.

Nah segitu aja dulu yaaa, next aku akan bahas hal-hal lebih menarik lagi seputar makeup dan skincare😘



You Might Also Like

0 comments