Mungkin Cara Pemakaian Sunscreen Kamu Masih Salah Makanya Malah Jerawatan, Kusam dan Beruntusan.

Sumber : https://img.freepik.com/free-photo/sunscreen-sunglasses-towel-book-recess-relax-concept_53876-23201.jpg?t=st=1711035911~exp=1711039511~hmac=a5c871d7f7647c585e67490764b6eab7e7cd975d4c26a5e804107f0f96e522c4&w=1800

    

    Sebelum aku bahas cara pemakaian sunscreen, udah pada tau belum sunscreen itu apa dan manfaat menggunakan nya.

    Sunscreen (juga sunblock atau sun lotion) adalah produk skincare yang membantu melindungi kulit kamu dari sinar UV matahari. Produk ini melindungi kulit dari kerusakan seperti terbakar sinar matahari, keriput dan hiperpigmentasi, dan juga dapat menurunkan risiko kanker kulit.

    Sunscreen sendiri ada 2 macam yaitu physical sunscreen dan chemical sunscreen. Kedua jenis sunscreen ini memiliki cara kerja yang berbeda dan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Sunsreen Physical

Sumber : https://cdn1.productnation.co/stg/sites/5/65265e251ee64.jpg


    Physical sunscreen juga dikenal sebagai sunblock. Sunscreen jenis ini bekerja dengan membentuk lapisan fisik di atas kulit yang menghalangi sinar UV dari masuk ke dalam kulit. Bahan aktif yang umum digunakan dalam physical sunscreen adalah zinc oxidan dan titanium dioxide.


Sunscreen Chemical

Sumber : https://cdn1.productnation.co/stg/sites/5/65165aaeef4d9.jpg

    Chemical Sunscreen, adalah tipe sunscreen yang tidak bekerja dengan memantulkan sinar UV. Jenis chemical sunscreen ini memiliki kandungan bahan aktif yang bisa menyerap di kulit, lalu menyerap sinar UV, dan mengubahnya menjadi panas agar tidak masuk lebih dalam ke lapisan kulit.

    Umumnya wanita indonesia banyak menggunakan tipe chemical karena sunscreen ini lebih ringan, lapisannya dibuat dari bahan kimia namun tetap nyaman di kulit dan tidak meninggalkan noda putih atau white cast.

    Meskipun ada banyak nya variasi chemical sunscreen seperti warnanya transparant, teksturnya watery sampai penggunaanya yang hanya di semporkan saja sudah meresap tetap saja harus diperhatikan kembali cara pemakaian nya agar tidak terjadi kulit kusam, pori-pori tersumbat, beruntusan, timbul jerawat dan gosong.


1.  Jangan Pakai Sunscreen Terlalu Sedikit

    Biar awet mungkin ya hehe.. Tapi ini adalah kesalahan yang paling fatal karena bisa menyebabkan gosong atau kulit wajah terbakar akibat paparan sinar UV.  Cara takarannya kalian bisa oleskan sunscreen sebanyak dua ruas jari untuk seluruh wajah dan leher.

2. Tunggu Sampai Meresap

    Jangan langsung keluar rumah atau beraktifitas langsung di bawah sinar matahari setelah memakai sunscreenTerutama chemical sunscreen, minimal tunggu sekitar 5 menit sampai 15 menit agar sunscreen tersebut menyerap hingga kelapisan terdalam dan bekerja dengan optimal.

3. Jangan Hanya Pakai Sunscreen Sekali

    Pasti banyak banget yang mikir bahwa sunscreen cukup dipakai satu kali, dan ini salah. Yang benar adalah kalian harus mengulang kembali pemakaian sunscreen 2 sampai 3 kali sehari, karena proteksi dari sunscreen maksimal hanya sekitar 3-4 jam. Apalagi jika kalian lebih banyak beraktifitas di luar ruangan atau outdoor dari pagi sampai sore sudah pasti wajib banget untuk re-aply.

4. Pakai Sunscreen Spray Sebagai Sunscreen Utama tidak direkomendasikan

    Lagi-lagi kita pasti suka yang sat set dong, tapi ini juga salah. Sunscreen spray memang praktis tinggal di semprot sudah langsung meresap ke pori-pori tanpa harus oles dan diratain. Nyatanya sunscreen spray ini hanya cocok atau lebih tepatnya difungsikan untuk touch-up atau re-aply, penggunaan nya yang minim sentuhan tangan sangat baik untuk menghindari bakteri apabila melakukan re-aply.

5. Menempatkan Sunscreen di Tempat Yang Panas

    Karena diwajibkan re-aply pemakaian sunscreen akhirnya kita bawa sunscreen kemana-mana dan meletakkan nya pun bisa dimana-mana. Didalam mobil, dalam dasbor mobil, dikantong motor sampai didalam bagasi jok motor. Salah ya teman-teman, karena suhu panas dari matahari dan mesin kendaraan mgbhr free itu akan merusak formulasi dari sunscreen tersebut.

    Kalian bisa taruh didalam tas atau disaku baju dan celana apabila kemasan sunscreen nya berukuran kecil, oke itulah tadi hal-hal yang perlu diketahui saat memakai sunscreen terima kasih dan sampai jumpa di next blog aku yaaa.



You Might Also Like

0 comments